Mataeri Dasar-Dasar Sensor
Mataeri Dasar-Dasar Sensor
A. pengertian dasar-dasar sensor
1. Penggertian sensor
Dalam Sistem Kontrol otomotif “Sensor” memegang peranan
penting, yang mana tugasnya memberikan informasi ke Kontrol Unit sebagai
masukan yang selanjutnya diproses menjadi suatu kondisi yang harus
dilakukan oleh Aktor (Aktuator). Apapun yang diinformasikan oleh sensor sangat
menentukan proses kerja sistem kontrol baik secara open loop maupun closed
loop. Open loop adalah jenis sistem kontrol dimana output atau
luarannya tidak memberikan feedback langsung kepada Kontrol
Unit, dengan kata lain hasil pemerosesan sistem tidak diukur.
Sedangkan, Closed Loop adalah jenis sistem kontrol yang output atau
keluarannya dapat mengirimkan feedback kepada Kontrol Unit untuk
mengurangi kesalahan terhadap output sehingga dapat dilakukan koreksi
sampai didapatkan hasil yang diinginkan.
Gambar 2 skema kerja sistem kontrol dengan sensor
Sensor mengkonversikan suatu kuantitas masukan berupa phisik
atau bahan kimia (pada umumnya non-elektrik) ke dalam suatu
kwantitas keluaran elektrik.
B. klasifikasi sensor
1. klasifikasi sensor berdasarkan kurva
2. klasifikasi sensor berdasarkan output
sensor output sinyal analog yang memiliki ciri-ciri arus atau tegangan amplitudo, frekuensi atau priode, durasi pulsa.
3. klasifikasi sensor berdasarkan tingkat sensor
C. jenis sensor pada kendaraan
1. macam-macam sensor pada kendaraan
dalam kendaraan terdapat berbagai macam sensor, dengan berbagai fungsi. Secara umum sensor pada kendaraan dibagi menjadi tiga fungsi. yaitu sensor pemasukan, sensor putaran, dan sensor pengeluaran, berikut beberapa macam-macam sensor pada kendaraan :
a.MAF Sensor
b. MAP Sensor
c. IAT Sensor
d. TP Sensor
e. ECT Sensor
f. CKP Sensor
g. CMP Sensor
h. Knock Sensor
i. Oksigen Sensor
j. Hall Sensor Distributor
k. Sensor Induktif Distributor
D. fungsi IAT Sensor dan MAP Sensor pada kendaraan
1. fungsi IAT Sensor
Intake Air Temperature (IAT) adalah sensor jenis resistor variabel
yang berfungsi untuk mendeteksi suhu udara masuk melalui intake manifold.
Sensor ini terbuat dari bahan thermistor jenis Negative Temperature
Coefficient (NTC). Sensor merupakan jenis resistor variabel dimana
perubahan tahanannya dipengaruhi oleh perubahan suhu. Sensor ini terletak pada
saluran masuk, tepatnya di box filter udara sebelum throttle bodi.
2. Fungsi MAP Sensor
Manifold Absolute Pressure Sensor adalah sebuah sensor yang
terbuat dari bahan Piezo Resistive. Piezo Resistive adalah bahan
yang nilai tahanannya diatur oleh perubahan bentuk. Piezo resistive pada
sensor MAP dibuat dalam bentuk diafragma (Silicon chip) berfungsi sebagai
membran antara ruangan vacuum (0,2 bar) sebagai referensi dan ruangan yang
berhubung dengan intake manifold. Sensor ini berfungsi untuk membaca
tekanan udara masuk kemudian dimanfaatkan oleh ECU untuk mengoreksi Campuran
bahan bakar dan timing pengapian
E. Cara kerja IAT Sensor dan MAP Sensor pada kendaraan
1. Cara kerja IAT Sensor
Cara kerja IAT Sensor yaitu
terjadinya perubahan tahanan, seiring dengan perubahan suhu. Pada saat Sensor
IAT diberi tegangan sebesar 5V, udara yang masuk melewati elemen thermistor
pada sensor menyebabkan perubahan tahanan akibat dari perubahan suhu, hal ini
membuat tegangan sensor juga juga berubah. Semakin tinggi suhu udara masuk,
semakin rendah tahanannya, begitupun sebaliknya. Sinyal berupa tegangan inilah
yang dikirim ke ECU untuk mengetahui suhu udara yang akan masuk ke mesin
Gambar skema rangkayan sensor IAT
Untuk apa pembacaan Suhu udara masuk pada mesin?
Informasi ini dimanfaatkan ECU untuk melakukan koreksi
terhadap campuran bahan bakar dan udara serta penentuan Timing penginjeksian
maupun pengapian.
2. Cara kerja MAP Sensor
cara kerja pada MAP sensor yaitu tekanan atau kevakuman antara ruang bakar dengan intake
manifold menyebabkan perubahan lengkungan pada membran / silicon
chip. Pengolah sinyal (Chip) mengkonversikannya menjadi tegangan sinyal yang
kemudian dikirim ke ECU. MAP sensor mengeluarkan tegangan paling tinggi ketika
tekanan intake manipold adalah palin yaitu pada saat percepatan (akselerasi),
dan mengeluarkan tegangan paling rendah pada saat mesin mengalami perlambatan (deselerasi).
Untuk apa pembacaan Tekanan udara masuk pada mesin?
Tegangan yang dihasilkan oleh perubahan bentuk Silikon berdasarkan tekanan atau kevakuman udara dikonversikan oleh chip elektronik pada sensor MAP menjadi sinyal digital untuk dikirim ke ECU. ECU memanfaatkan sinyal ini untuk menghitung volume udara masuk untuk menentukan rasio bahan bakar dan udara yang lebih akurat.
No comments for "Mataeri Dasar-Dasar Sensor"
Post a Comment