Pengertian, Cara Kerja Dan Nama Komponen Beserta Fungsinya Pada Sistem CVT Sepeda Motor

 

Pengertian, Cara Kerja Dan Nama Komponen Beserta Fungsinya Pada Sistem CVT Sepeda Motor

CVT adalah singkatan dari Countinuously Variablr Transmission, CVT adalah sistem yang meneruskan tenaga dari mesin ke roda, prinsip kerja sistem CVT adalah tenaga yang di hasilkan dari langka ke 4 pada mesin yaitu dari langka pembakaran di ruang pembakaran akan memutar crankshaft, energy dari crankshaft ini yang diteruskan ke primarry sheeve, selanjutnya primarry sheeve akan menghantarkan ke secondary sheeve melalui V-belt.

dalam sistem CVT terdapat komponen yang berperan paling penting pada sistem CVT. berikut adalah komponen yang berperan penting pada sistem CVT :

1. Primary Sheave

secara umum primary Sheave adalah pulley utama bagian depan CVT sebagai penggerak yang langsung terhubung dengan kruk as.

2. V-belt

V-belt adalah tali yang terbuat dari karet yang di buat khusu pada komponen sistem CVT, fungsinya adalah untuk menghubungkan putaran primary sheave ke secondary sheave.

3. secondary sheave

komponen ini adalah pulley utama pada bagian belakang CVT, yang berfungsi untuk membantu mengerakkan roda belakang berkat adanya V-belt sebagai penghubung ke primary sheave.

4. Gear Reduksi

fungsinya adalah penyeimbang putaran mesin dengan roda. berfungsi juga sebagai pendongkrak tenaga.

Saiful Jihad
Saiful Jihad Pencinta olahraga

No comments for "Pengertian, Cara Kerja Dan Nama Komponen Beserta Fungsinya Pada Sistem CVT Sepeda Motor"