Begini Mekanisme Katup In Dan Ek Pada Mesin 4 Tak

Begini Mekanisme Katup In Dan Ek Pada Mesin 4 Tak

Begini Mekanisme Katup In Dan Ek Pada Mesin 4 Tak

katup, atau kelep adalah komponen yang berfungsi sebagai pintu masuknya bahan bakar dan keluarnya sisa-sisa pembakaran dari hasil pembakaran di ruang bakar pada mesin 4 tak, komponen ini terletak pada bagian kepala silinder, katup yang berfungsi untuk jalur masuknya bahan bakar ke ruang pembakaran adalah katup IN sedangkan katup EK berfungsi sebagai jalur keluarnya sisa-sisa pembakaran. katup IN dan EK hanya terdapat pada mesin 4 tak, sedangkan pada motor 2 tak tidak memiliki katup IN dan EK.

seiring lamanya pemakayan kendaraan, celah katup akan berubah, oleh karna itu celah katup perlu di setel dengan tingak pengukuran yang sesuai dengan jenis motor.

berikut cara kerja katup IN dan EK pada Motor 4 tak :

Begini Mekanisme Katup In Dan Ek Pada Mesin 4 Tak


Pada mesin 4 tak terdapa 4 siklus yaitu siklus hisap, kompresi, pembakaran dan buang. posisi katup IN dan EK ketika siklus hisap, kompresi, pembakaran dan buang yaitu :
1. ketika siklus hisap adalah katup IN membuka untuk sebagai jalur masuknya bahan-bakar ke ruang pembakaran sedangkan katup EK tertutup.
2. pada siklus kompresi adalah katup IN dan EK sama-sama tertutup untuk mengkompresikan bahan bakar di ruang pembakaran
3. pada siklus pembakaran adalah katup IN dan EK sama-sama tertutup
4. pada siklus pembuangan adalah katup In tertutup dan katup EK terbuka. katup Ek terbuka sebagai jalur keluarnya sisa-sisa pembakaran di ruang bakar.




Saiful Jihad
Saiful Jihad Pencinta olahraga

No comments for "Begini Mekanisme Katup In Dan Ek Pada Mesin 4 Tak"