Komponen Penting Sistem Karburator motor Beserta Fungsinya

Komponen Penting Sistem Karburator motor Beserta Fungsinya

Komponen Penting Sistem Karburator motor Beserta Fungsinya

karburator adalah sebuah komponen yang mencampurkan bahan bakar dan udara sebelum bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam ruang pembakaran, dalam karburator terdapat banyak komponen yang mempunyai macam-macam fungsi, sistem karburator bisa juga di sebut sistem konfensional sebelum adanya sistem injeksi, walaupun sistem karburator adalah sistem konfensional namun sistem karburator masi digunakan sampai saat ini. jika dibandingkan dengan sistem injeksi, di beberapa kasus seperti perawatan komponen dan biaya perawatan sistem karburator lebih unggul jika dibandingkan dengan sistem injeksi, itu karna sistem karburator lebih mudah di perbaiki jika dibandingkan dengan sistem injeksi dan komponen pada sistem karburator jauh lebih murah dari pada komponen injeksi.

berikut adalah koponen pada sistem karburator berserta fungsinya

1. Jarum Pelampung
jarum pelampung pada karburator sepeda motor adalah sebuah jarum yang menekan sebuah lubang, lubang yang di tekan adalah sebuah lubang penyaluran bahan bakar, jadi jika lubang di tekan oleh pelampung maka otomatis suplay bahan bakar akan terhenti, hal ini terjadi untuk mengatur volume di dalam ruang pelampung agar tidak berlebihan.

2. Pelampung
pelampung adalah sebuah komponen yang terbuat dari pelasti ringan yang mengapung di dalam karburator, pelampung akan mengerakkan ujung jarum agar dapat tertutup, jadi fungsi dari pelampung karburator itu sendiri adalah untuk mengerakkan ujung jarum agar dapat tertutup.

3. Main Jet
main jet adalah saluran utama di dalam karburator motor yang menghubungkan bensin di dalam ruang pelampung ke dalam venturi ditengah saluran udara ke intake. bensin akan tersuplay ke luar.

4.Needel Jet
needel jet adalah jarum berbentuk tirus dengan ujung lancip, jarum ini di pakai untuk mengatur volume bensin yang keluar dari main jet, jarum ini digerakkan oleh skep atau katup gas

5.katup gas
katup gas pada motor berbentuk tabung yang bergerak naik turun, ketika katup gas ini berada di posisi bawa maka RPM rendah, namun jika katu gas bergerak naik maka saluran udara semakin membesar, sehingga RPM mesin menjadi tinggi.

6. pegas katup gas
fungsi pegas katup gas ini adalah untuk menjaga katup tetap tertutup ketika kita tidak menarik pedal gas.

7. pilot jet
pilot je adalah komponen yang menghubungkan saluran bensin pada ruang pelampung dengan ruang setelah katup gas sebelum intake manifold.fungsi pilot jet adalah untuk mengalirkan bensin ketika bensin berekerja.

8. mangkok karburator
mangkok ini berfungsi sebagai penampung bensin sebelum di suplai ke venturi, mangkok karburator juga sebagai pelindung komponen di dalam karburator seperti pelampung dan main jet.

9. sekrup penyetel
sebenarnya ada dua skrub penyetel pada pada karburator, yang pertama skrub pengatur udara pilot jet, skrub kedua yaitu skrub gas yang dipakai untuk mengatur idle RPM mesin.

Saiful Jihad
Saiful Jihad Pencinta olahraga

No comments for "Komponen Penting Sistem Karburator motor Beserta Fungsinya"