Pengertian, Nama komponen, Beserta Fungsinya Pada kampas Rem Cakram Sepeda Motor

Pengertian, Nama komponen, Beserta Fungsinya Pada kampas Rem Cakram Sepeda Motor

Pengertian, Nama komponen, Beserta Fungsinya Pada kampas Rem Cakram Sepeda Motor


kampas rem cakram adalah sebuah mekanisme yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan kendaraan sehingga kendaraan dapat berhenti, prinsip kerja pada sistem pengereman ini yaitu sebuah kampas rem menjepit piringan yang sedang berputar sehingga dapat memperlambat putaran ban.

Nama nama komponen pada sistem pengereman ini yaitu : kaliper rem, kampas rem, piringan cakram, kaliper bracket, piston brake, seal piston, master silinder. selang hidrolik.

Berikut adalah fungsi komponen sistem rem cakram sepeda motor :

1. kaliper rem/caliper

komponen yang pertama ini adalah salah satu komponen paling penting dalam rem cakram sepeda motor, kaliper sering di sebut sebagai rumah dari kampas rem cakram tersebut, kaliper rem ini berfungsi sebagai mengubah tekanan hidrolik dari piston menjadi energi gerak berupa tekanan.

2. kampas rem

kampas adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai penekan piringan cakram supaya terjadi gesekan antara cakram dan piringan, dengan begitu sepeda motor yang sedang berjalan dapat berhenti sesuai ke inginan pengendara.

3. piringan cakram

komponen yang satu ini terbuat dari baja yang berbentuk lingkaran, di sekeliling terdapat lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengurangi panas ketika pengereman terjadi.

4. selang hidrolik

komponen yang satu ini berfungsi sebagai mengalirkan minyak.

5. piston

Berbeda dengan yang ada di mesin, piston untuk rem cakram berfungsi untuk menekan kampas. Dengan begitu, kampas rem mampu menjepit cakram secara merata. Sistem kinerja seperti ini membuat motor bisa berhenti dengan mulus.

Saiful Jihad
Saiful Jihad Pencinta olahraga

No comments for "Pengertian, Nama komponen, Beserta Fungsinya Pada kampas Rem Cakram Sepeda Motor"